Ragam Cara Belajar Hipnotis mudah

Halo para pembaca artikel Caracarahipnotis.blogspot.com,

Kali ini saya akan berbagi tentang beragam cara hipnotis seseorang. Di sini tentu saja para pembaca bertindak sebagai penghipnotisnya. Sebelum mengenal cara hipnotis, anda perlu memahami dulu apa itu hipnotis. Dan untuk memahami arti hipnotis itu sendiri anda bisa
membacanya di sini >>> Apa itu Hipnotis

Jika anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan hipnotis dan hipnoterapi anda tentu dengan mudahnya mampu memahami cara hipnotis yang akan saya jelaskan. Apa saja teknik atau cara hipnotis itu ? bagaimana tahapan cara hipnotis yang efektif kepada seseorang ?

Dave Elman, seorang tokoh hypnotist (pelaku hipnotis) telah memaparkan arti dari hypnosis (ilmu hipnotis) yaitu “sebuah proses penembusan area kritik pikiran sadar yang diikuti dengan penanaman sebuah ide”. Jadi pada prinsipnya, hipnosis (hipnotis, red) tidak hanya dengan tidur. Selama seseorang mampu tertembus area kritik pikiran kesadarannya dan tertanam sebuah ide / gagasan, itulah kondisi terhipnotis.

Dalam kehidupan sehari hari, hipnotis sangat umum dilakukan, namun seringkali pelaku hipnotis itu sendiri kurang menyadari bahwa yang dilakukannya adalah cara hipnotis alamiah. Mengapa ? Karena cara hipnotis itu dilakukan bukan dengan disengaja atau pun dikondisikan, melainkan mengalir saja.

Jika sebelumnya anda berpikir bahwa orang yang terhipnotis itu tidak sadar, coba perhatikan jenis pikiran manusia. Perlu anda ketahui, bahwa pikiran manusia terbagi ke dalam tiga macam, yaitu : Pikiran Sadar (Concious), Pikiran Bawah Sadar (Subconcious), dan Pikiran Tidak Sadar (Unconscious). Menurut anda, manakah yang menjadi target hipnotis ?

Ya, sebagian besar penikmat tayangan maupun bacaan hipnosis tentu paham bahwa yang menjadi sasaran untuk hipnosis tentu saja pikiran BAWAH SADAR, so, jika begitu, kini anda mulai paham bahwa kondisi orang yang dihipnotis bukan tidak sadar melainkan berada dalam pikiran bawah sadar.

Saya artikan sedikit yang paling simple mengenai pikiran bawah sadar ini. Karena jika mengartikan pikiran ini kedalam term psikologi bisa memusingkan, maka yang rileks rileks saja, sehingga anda bisa memahami dengan benar seperti apa cara hipnotis yang efektif…

Apa itu Pikiran Sadar ?

Pikiran Sadar adalah Kegiatan Pikiran yang anda sadari. Misalnya saat ini anda menyadari bahwa anda sedang membaca artikel ini, ya itu pikiran sadar, kemudian anda menyadari bahwa anda menyadari diri anda yang sedang membaca artikel, ya itu pikiran sadar lagi. Kemudian pikiran itu mengkritik “ini maksudnya apaan sih”? dan anda menyadari itu.. ya itu juga pikiran sadar…

Jadi segala hal dari aktivitas pikiran yang anda sadari, itu pikiran sadar.
Tentu ketika ingin mengenali apa itu pikiran tidak sadar, dengan memahami pikiran sadar saja anda sudah tahu bahwa pikiran tidak sadar yang sudah pasti kebalikan dari pikiran sadar.

Apa itu Pikiran Tidak Sadar ?

Pikiran Tidak Sadar {Unconscious) adalah beragam kegiatan pikiran yang tidak anda sadari. Salah satu aktivitas pikiran itu mengatur irama jantung, apakah anda menyadarinya ? coba hentikan sejenak.. susah ya ? ya mungkin itu karena anda juga tidak mau menghentikannya.. tapi memang seperti itu keadaannya. Tanpa perlu anda sadari, pikiran sudah mengalirkan perhatiannya untuk irama jantung. Tanpa Sadar !!

Pernah kedutan ? coba sekali sekali langsung beri perintah agar stop. Jika tidak bisa, ya itu pikiran Tidak Sadar.
Apakah anda memiliki gerak reflek tertentu ? itu juga masuk di area Pikiran tidak sadar.

Nah.. Lalu apa itu pikiran bawah sadar ???

Pikiran Bawah Sadar ya diantara keduanya. Sebagian Pikiran Sadar dan Sebagian Lagi Pikiran Tidak Sadar. Sehingga pada saat orang masuk ke dalam kondisi Pikiran Bawah Sadar, Sebagian Pikirannya Masih Sadar, namun bagian pikiran lainnya masuk ke kondisi Tidak Sadar, misalnya mata berair, tubuh rileks, nafas melalui perut, dan beragam ciri fisik lainnya yang bisa langsung kelihatan dan sulit untuk dikondisikan oleh pikiran sadar, (Coba saja mengatur agar mata tidak merah saat anda masuk ke area bawah sadar atau tahan tidak menelan ludah).

Oleh Karena pikiran bawah sadar itu fifty fifty antara kesadaran dan ketidaksadaran, maka wajar fungsi inderawi anda masih bekerja. (Kalau tidak bisa mendengar, bagaimana caranya sugesti masuk ? Dan kalau anda tidak sadar total, bagaimana anda bisa mengerti sugesti yang diberikan ?).

Baik, anda setidaknya kini memiliki gambaran mengenai pikiran dalam diri anda sendiri. Dengan aktivitas pikiran tersebut maka ada berbagai cara menghipnotis seseorang. Sebenarnya, yang dimaksud dengan cara menghipnotis itu adalah aktivitas pembuka atau awalan sehingga seseorang bisa masuk ke dalam kondisi bawah sadar, aktivitas selanjutnya ya menanamkan sugesti.

2 Hal paling dasar sekali mengenai cara menghipnotis seseorang. Apa saja itu ?

  • Kaget / Shock
Saat kaget, seseorang bisa langsung masung ke dalam kondisi blank seketika, mungkin berkisar 2 – 3 Detik. Itulah mengapa dalam pembelajaran hipnotis ada sebuah metode induksi yang dinamakan Shock Induction.


  • Rileks / Metode Relaksasi
Kondisi rileks, memicu perubahan gelombang otak dari Beta ke Alpha, dan gelombang otak seseorang yang masuk ke dalam bawah sadar adalah Alpha – Theta. Dengan ciri – ciri fisik yang bisa terlihat lebih nyaman, santai, rileks. Itulah mengapa, seringkali deal – deal besar atau penawaran project bisnis yang goal, terjadi saat santai..

Sebenarnya ada banyak sekali beragam cara untuk menghipnotis, anda bisa mengikuti program pelatihannya langsung agar lebih jelas. Atau silakan langsung menambah wawasan lainnya mengenai seputar cara hipnotis di artikel hipnotis.